KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

PERINGATAN PUBLIK / PUBLIC WARNING Tentang KANTONG PLASTIK “KRESEK” & Stryofom

Tas kresek & Stryfom.. !!! Ya barang yang sangat-sangat akrab dengan keseharian kita tersebut ternyata mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan apabila kita tidak hati-hati menggunakannya. Berikut pernyataan yang di keluarkan Badan POM RI :

Menindaklanjuti hasil pengawasan terhadap kantong plastik kresek, Badan POM RI perlu mengeluarkan peringatan kepada publik sebagai berikut:

  1. Kantong plastik kresek berwarna terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan.
  2. Dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat, dll. Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.
  3. Jangan menggunakan kantong plastik kresek daur ulang tersebut untuk mewadahi langsung makanan siap santap.
  4. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM, http://www.pom.go.id
  5. Demikian peringatan ini disampaikan untuk disebarluaskan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI juga perlu memberikan penjelasan tentang kemasan makanan ’styrofoam’ sebagai berikut:

  1. Istilah ’styrofoam’ sebenarnya merupakan merek dagang pabrik Dow Chemicals dari foamed polystyrene atau expandable polystyrene (EPS).
  2. Residu monomer stiren yang tidak ikut bereaksi dapat terlepas ke dalam makanan yang berminyak/berlemak atau mengandung alkohol, terlebih dalam keadaan panas.
  3. Sejauh ini tidak ada satu negarapun di dunia yang melarang penggunaan ’styrofoam’ atas dasar pertimbangan kesehatan. Kebijakan pelarangan di sejumlah negara berkaitan dengan masalah pencemaran lingkungan. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya tidak melebihi 5000 ppm.
  4. Pada saat ini Badan POM RI telah melakukan sampling dan pengujian terhadap 17 jenis kemasan makanan ’styrofoam’. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat (terlampir).
  5. Sekalipun demikian, dalam rangka melaksanakan tindakan kehati-hatian, masyarakat dihimbau untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Umumnya kemasan makanan ‘styrofoam’ dapat dikenali dari logo
  • Jangan gunakan kemasan ‘styrofoam’ dalam microwave.
  • Jangan gunakan kemasan ‘styrofoam’ yang rusak atau berubah bentuk untuk mewadahi makanan berminyak/berlemak apalagi dalam keadaan panas.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM, http://www.pom.go.id

Demikian peringatan ini disampaikan untuk disebarluaskan.

1. PUBLIK WARNING Badan POM RI Tentang Tas “Kresek”

2. KETERANGAN PERS / PRESS RELEASE TENTANG KEMASAN MAKANAN “STYROFOAM”

5 Komentar»

  Belajar SEO Para Pemula wrote @

kalau stereofoam sih uda tahu bahaya…tapi kalao kresek yang hitam baru tahu deh ternyata bisa juga berasal dari daur ulang yang dulunya buat semcam begituan…haduh…ga ada yang sehat nih…ckckck…

  STOP DREAMING START ACTION wrote @

duh ternyata kresek juga berbahaya ya?

  STOP DREAMING START ACTION wrote @

wah ternyata kresek juga berbahaya ya?

  globalwarming wrote @

memang tuh kantong plastik kresek dan steropoam bisa mengakibatkan racun dan jadi sampah mencemari lingkungan dan perlu waktu seribu taun untuk bisa meleburkannya!!!

@along : mari kita dukung Hijau… Keep On Green..

  tforce2009 wrote @

aio Gan dukung Pulau Komodo sebagai new7wonders
klik disini

@tforce: ayo dukung….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: