KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Waspadai Flu Singapura..!!

Sudah tahukah bahwa sekarang lagi rame menyebarnya Flu Singapura…??? Wah abis Flu Burung kita kedatangan lagi Flu yang kita impor. Tapi…. Biar sekeren apapun teteplah yang namanya penyakit yang harus kita hindari. Setelah kasus demam berdarah dengue, Chikungnya, Flu Burung kini kita kembali dihebohkan dengan munculnya penyakit Flu Singapura. Gejala yang muncul seperti Flu biasa, yakni demam yang disertai seriawan di dalam rongga mulut dan muncul bercak-bercak merah di telapak tangan dan kaki. Penyakit ini tidak mematikan. Namun, proses penularan penyakit flu singapura sangat cepat dengan masa inkubasi selama tujuh hari. Jadi sebaiknya kita waspada terutama bagi teman-teman yang punya anak balita karena penularan penyakit ini sangat cepat.

Bagaimana penyakit ini bisa muncul…???? Ternyata virus flu singapura tu ditularkan dari mereka yang masuk ke Indonesia setelah bepergian atau berlibur dari luar negeri. Nah….. mungkin ini dampaknya yaaaa….. Gengsi tu mahal BUNG….!!!!

Karena hanya menuruti gengsi belaka tidak sedikit dari masyarakat kita yang penginnya serba luar negeri, berlibur, belanja, rapat, studi banding semua serba luar negeri,.. biar bisa di bilang WAAAHHH…

Jadi ga salah dong kalo virus ini masuk ke Indonesia dengan cepat. Penularannya melalui kontak langsung dengan penderita, udara, percikan air liur, urine, dan feses. Dan cenderung menyerang di kota-kota besar. Ya ini karena penyakit ini menyebar di kota ada kemungkinan mobilitas masyarakat yang tinggi. Bisa jadi anda yang sering ke luar negeri lalu terinfeksi trus pulang dekat-dekat sama anak, maka jadilah…..

Gejala sebagai berikut :demam, batuk, pilek, pegal-pegal, capek, dan timbul bercak merah di telapak tangan, lengan, kadang juga ditemukan di bagian kaki. Bila menyerang orang dewasa, biasanya tidak menimbulkan masalah serius. Orang dewasa justru menjadi pembawa virus. Tapi hati-hati saja bagi anda yang punya daya tahan tubuh rendah. Flu ini mudah menyerapang pada bayi di bawah usia satu tahun, anak-anak penderita asma, kelainan jantung bawaan, sedang menjalani pengobatan kanker, penderita kencing manis, dan orang lanjut usia.

Lantas gimana pencegahannya..????

Pencegahannya terutama yang memiliki daya tahan tubuh rendah terutama bayi dan anak-anak dianjurkan tidak kontak dengan penderita. Vaksinasi influenza dinilai kurang efektif karena virus mudah bermutasi sehingga vaksin baru efektif apabila menggunakan bahan virus saat terjadi epidemi. Yang terpenting mencegah jangan sampai terjadi infeksi sekunder. Virus flu hanya sebagai pemicu, yang berbahaya justru infeksi sekunder. Bila virus influenza itu masuk ke tenggorokan kita, kuman yang berkumpul di tenggorokan akan jadi galak, bakteri yang semula tidak patogen bisa menjadi pathogen. Apabila tidak diantisipasi, hal itu bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Hati-hati……!!!!!!

1 Komentar»

  Flu Singapura | indonesi.com wrote @

[…] blog yang menulis tentang flu singapura ini misalnya di sini tentang flu singapura di batam. Juga informasi menarik dari banyu agung di […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: