KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Jalur Mudik Lebaran 2008

Jalur Mudik Lebaran 2008

Mudik “Mumet Dikit”…. itulah kira kira kalo dalam bahasa jawa disebut parik-an atau ilmu gatuk-menggatuk-ken (gabung-menggabungkan)….

 

 Bismilah…,

Sebentar lagi pergerakan jutaan manusia kembali terjadi di Indonesia. Jutaan orang akan berduyun-duyun mudik alias pulang kampung ke kota atau ke desa asal yang selanjutnya akan diikuti arus balik, jadi gimana kesiapan anda yang mudik dan juga infrastruktur jalan menghadapi mudik dan arus balik lebaran 2008 kali ini…???????

Disini disampaikan Rute jalur mudik dan arus balik yang stiap tahun pasti akan menimbulkan problem tersendiri.

 

Jalur Pantura

Sebenarnya empat jalur di Pantai Utara (Pantura) Jawa tak hanya berakhir di Semarang, tetapi di Trengguli (8,50 Km sisi timur Kota Demak). Bermula dari Gerbang Tol (GT) Cikampek, potensi kemacetan ada di pertigaan Jomin, jadi siapkan diri Anda, stamina, emosi dan juga kendaraan Anda. GT Cikampek – Jomin merupakan ruas jalan yang banyak warung dan pemberhentian bus dan truk. Selepas itu ke arah timur hingga Losari, yaitu perbatasan Jawa Barat- Jawa Tengah kini jalannya mulai berlubang (Cikampek-Skamandi) perbaikan belum selesai. Hati-hati.! Menyeberangi Sungai Cisangarung (batas Jabar-Jateng) dari Losari ke Tegal (40,5 Km) Anda mengahadapi kondisi jalan yang sedang, bulan lalu jalan ini masih betebaran lipatan aspal dan berlubang. Ruas Brebes-Tegal kondisinya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tidak jauh dari Losari, yaitu di pertigaan Tanjung, Anda dapat menuju Purwokerto, Banyumas, Kebumen dan wilayah lain di Jateng bagian selatan. Jalan Tanjung-Prupuk-Ajibarang-Wangon lebarnya sudah 7 meter dan kondisinya sedang. Sementara di ruas Tegal-Pemalang dan Pemalang-Pekalongan kegiatan pelebaran jalan menjadi empat lajur msih dilakukan secara marathon. Pembetonan dan pembuatan drainase terus dikerjakan. Namun sayang Anda kembali harus hati-hati karena jalan tersebut belum dipasang median jalan (semoga Lebaran kelak sudah jadi-sulap kali)

Anda juga harus siap dengan ‘buasnya’ bus yang menyalip dengan arah yang berlawanan. Walah-walh.. siap teruuuuuuusssssss….!!!!

Sedangkan di Alas Roban sudah ada tiga jalur. Kendaraan pribadi sebaiknya melintas di ruas utara. Ruas tengah dan selatan dipadati truk dan bus. Di Pantura Jateng ada beberapa jalan lingkar, yakni di Pemalang (7,25Km), Weleri (5,20 Km), dan Kliwungu (8,10 Km). Bila jembatan Bodri di timur Pabrik Gula Cepiring selesai diperbaiki, arus dari Losari ke Semarang akan lebih lancar. Semarang menuju timur, potensi kemacetan ada di ruas Pati-Juwana yang hancur akibat banjir awal 2008.

Semarang-Bawen (35 Km) telah empat jalur. Namun arah Jogja, Bawen-Ambarawa/Muntilan masih dua jalur. Sedangkan untuk Solo dari Jembatan Tuntang-Salatiga dan Salatiga-Boyolali juga dua jalur. Namun Boyolali hingga Solo telah empat jalur meski ada penyempitan di Banyudono-Kartasura.

 

Masuk Jawa Timur

Dari Jateng ke Jatim, Rembang-Bulu (batas Jateng-Jatim), Tuban, Lamongan (jalur Utara), hingga Gresik lebar jalan tujuh meter. Jalur lainnya yaitu dari Tuban ke selatan menuju Babat lalu ke timur menuju ke Lamongan. Babat-Lamongan-Gresik lebar jalan sekitar 14 meter, hanya saja betonnya tidak nyaman untuk dilintasi. Dari Gresik, Anda dapat melewati Tol Surabaya-Gresik (21 Km) untuk masuk Surabaya. Sedang untuk menuju daerah “Tapal Kuda” Jatim ataupun Malang. Dapat melintasi Tol Surabaya-Gempol (40 Km) dan Selamat “menikmati” Lumpur Porong yang hingga kini tidak ada kepastian mengatasinya terutama sodar-sodara kita para korban.

 

Jalur tengah dan selatan

Bagaimana jdengan jalur tengah dan selatan..????

Dari Jakarta-Bandung-Cileunyi (Bandung timur) ada jalan tol. Cileunyi-Ccalengka (9,07Km) telah empat jalur.n kemacetan akan terjadi di Daerah Ciherang, Nagreg. Menjelang Lebaran ini telah diselesaikan Lingkar Nagreg tahap I (0,6 Km) kemacetan di pertigaan Cagak-Nagreg diharapkan akan berkurang. Jadi silahkan lewat Nagreg!

Sedang ruas Nagreg-Rajapolah-Ciamis lebar jalan hanya 7 meter, dengan kondisi sedang dan baik. Adapun lebar jalan ruas Wangon-Purworejo-Jogja 7 meter serta kondisinya baik dan sedang.

Di Jogja sendiri seluruh jalan kondisinya baik. Jogja-Kartosuro-Solo (60 Km) seluruhnya baik dan telah empat jalur. Solo-Palur juga empat jalur, sedangkan Palur-Sragen-batas Jateng-Jatim dua lajur.

Dari batas Jateng-Jatim hingga Surabaya masih ada beberapa daerah yang jalangnya rusak. Mulai dari batas Ngawi hingga Caruban (sekitar 35 Km). Jalan yang kondisinya baik hanya Mojokerto –Jombang yang telah empat lajur.

 

Arus mudik seringkali terjebak dalam kemacetan yang disebabkan adanya pasar tumpah. Lokasi dan jumlahnya nyaris tak berubah. Di Jabar, diantaranya Ciasem, Sukamandi, Sukra, Patrol, Eretan, Tegal Gubug, Mundu, Gebang, dan Losari. Di Jateng beberapa kota dilengkapi jalan lingkar sehingga kemacetan tidak banyak terjadi.

 

Sumatra

 

Meski tak seheboh di Jawa, jalur mudik di Sumatar telah disiapkan. Dari Jalur Lintas Timur Lampung, yakni tanjakan Tarahan (Sukanaju-Kalianda) proyek pelebaran jalan Bujung Tenuk-simpang Pematang (61,60 Km) dari 6 meter menjadi 7 meter, dan perbaikan jembatan Way Semuji.Jalur Pantai Timur Lampung (204,30 Km) dari Bakahueni, Sukadana, keluar di Menggala dapat dilalui. Anda tidak harus terkena padatnya lalu lintas di Bandar Lampung.

Pengaspalan juga masih dilakukan (semoga lebaran rampung) di ruas Pematang-Panggang-Kayu Agung-Simpang Indralaya-Palembang dan Palembang-Betung-batas Jambi. Selain itu perbaikan juga masih dikerjakan di Sugih Warah-Muara Enim (jalur lintas tengah), Lahat-Tebing Tinggi (jalinteng) dan Bitung-Sekayu.

Di jambi tanjakan kilometer 181+490 diturunkan dari 17 derajat ke 10 derajat. (ruas Merlung-batas Riau). Perbaikan dilakukan di ruas Simpang Tuan-batas Tanjab-Merlung.

Nah.. september ini diperkirakan hujan akan mulai turun. Akankah jalan berkondisi baik dan sedang akan bertahan. Tidak kembali berlubang setelah hujan turun,seperti lazimnya terjadi selama ini….?????? Siapkan diri Anda, Mental Anda dan juga kondisi kendaraan Anda. Berkorban dikit demi keluarga di rumah…

 

Bagaimana Siap…??? Semoga Selamat Sampai Tujuan,…

tak lupa saya mengucapkan Selamat BerLebaran….. Minal Aidzin wal Faizin… Mohon Maaf Lahir & Batin, kepada Property GroupMasdhenk yang senantiasa menjadi tutor blog ini & rujukan blog ini serta dinanti kunjungannya ke pesanggrahan gubuk kesetiaan di AYABARUS untuk santai sejenak ngunjuk kopi & merenungkan Mati yang telah Pasti, Bpak Muhtadi yang berkenan silaturahmi, politikus handal…, kupret, batak gaul, singal, mey-yang, koncling serta semua para pengunjung yang belum saya cantumkan dalam tulisan ini….

 

salaam…

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: