KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Saya Terancam Rokok

Detail by rokok

Detail by rokok

Sebenarnya saya bukan-lah ahli di bidang kesehatan namun saya hanya ingin berbagi sedikit mengenai rokok. Mengingat saya sendiri adalah perokok berat yang sangat berat pula untuk meninggalkannya. Tulisan ini saya dapat beberapa waktu yang lalu.
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. Antara lain :
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.
Kesimpulan :

bye-bye

bye-bye

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.
Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.
Nah….!!!!!!!!!

8 Komentar»

  memey wrote @

tuh….dah tau sendirikan bahayanya…..
dikurangi ya… bos… rokoknya…..
he…he…he….he….

  banyuagung wrote @

hehe/….. iya… insyaallah ya…. :>

  The Old Friend wrote @

Gimana rasanya mulai dari awal hingga sekarang? Gimana kalo imbangi dengan menjalani hidup sehat? Olahraga, banyak makan sayur dan buah2-an, banyak minum air putih (kalo bisa kurangi cafein). Saya dulu juga merokok, tapi tidak separah itu. Namun saya sadar, jika merokok selain mengurangi kondisi ketahanan tubuh saya, juga menurunkan status sosial saya di lingkungan masyarakat (meskipun saya sebenarnya tidak mempedulikan hal itu semua) karena saya perempuan. Yang jelas merokok bikin kanker (penyakit yang sebenarnya dan kantung kering)😀 Beruntung saya masih menemukan lingkungan dengan orang2 yang “sadar” akan “SELALU PERHATIKAN”. Apapun itu! Baik di dalam maupun di luar diri kita. Thanks…

>>anggara
terima kasih atas masukannya,… saya sangat bersyukur ada yang mengingatkan… thank’s

  pria wrote @

kaiw saya,bingung komentarnya.saya sekarang kerja di pabrik di gudang garam.gimana ya…menurut saya merokok itu adalah kebiasan dari nenek moyang,dari dulu hingga sekarang rokok sudah ada.ya….mungkin pintarnya orang sekarang, bukan bagai mana kita harus megembangkan bagaimana bangsa indonesia ini maju,,,tapi bagaimana perut saya kenyang.pikirkan aja kalw pabrik kami tutup,dan wanita2 yang bekerja di pabrik rokok mau kerja apa lagi,jgn melihat setitik tapi lihat garis panjangnya.,,,

  Danu wrote @

Dulu sblm ada pabrik rokok, bngs kt ttp bs hdup tuh, mlh hdpny lbh shat kan kl tnp rkok! Mngnai pnyaluran tnaga krj insya Allah pst ada jln, kan niat kt baik, y gk? Drpd kt krj (toh trf hdp pgw rkok cm sgtu2 j) tp anak cu2 kt hncur kan trlalu mhal (kcwli bg org2 yg cm mkirin kpntingan sndr dan g pduli m org lain). Kan msh bnyk ladang pkrjaan yg wlw sulit tp bs di dpt asal didasari dgn tawwakkal dan ikhlas.

  Danu wrote @

Dulu sblm ada pabrik rokok, bngs kt ttp bs hdup tuh, mlh hdpny lbh shat kan kl tnp rkok! Mngnai pnyaluran tnaga krj insya Allah pst ada jln, kan niat kt baik, y gk? Drpd kt krj (toh trf hdp pgw rkok cm sgtu2 j) tp anak cu2 kt hncur kan trlalu mhal (kcwli bg org2 yg cm mkirin kpntingan sndr dan g pduli m org lain). Kan msh bnyk ladang pkrjaan yg wlw sulit tp bs di dpt asal didasari dgn tawwakkal dan ikhlas. Jd jgn alasan tkut para wnt nganggur trus krj ngawur, jstru yg diibaratkan grs pjg tu kwalitas gnerasi pnerus kt, bukanny pkrjaan yg g sbanding dg rsiko, kbalik bung!

  islamicstudiesunidar wrote @

rokok membawa mati mbah surip…..rasakan…nikmatnya mrokok…
http://www.islamicstudiesunidar.wordpress.com

@iislamicstudiesunidar : ….????

  bintangcell wrote @

merokok atau tidak merokok (menghirup asap rokok karena terpaksa)….. semua adalah pilihan. seperti pilihan hari ini masak apa ya…. atau nanti menu lunchnya apa ya….. kita pilih…. benar-benar kita yang memutuskan untuk memilih. pilih nasi Padang, sate, sop, tahu tempe, ayam dst….. kita sudah memilih sehingga sadar akan akibatnya. jadi bila anda perokok…. anda sudah memilih. anda yang tidak merokok anda sudah memilih; bila anda terpaksa menghirup asap rokok yg tidak anda sukai; pilih untuk menutup hidup atau menyingkir. anda yang merokok…. dan merasa lebih segar, sehat…. itu juga pilihan; soal bertahun mendatang sakit karena rokok, hal itu harus anda persiapkan. jadi semua PILIHAN.

@bintang Cell : Matur suwun wejangane…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: