KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Ziarah ke Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel

Begitu masuk ke dalam Masjid Ampel, Surabaya, Jawa Timur, tak habisnya Saya mengagumi kesederhanaannya. Tak ada konstruksi yang rumit. Namun, ke-16 tiang kayu jati setinggi 17 meter menjadikan masjid ini megah.

Bagian lain masjid yang Saya sukai adalah menara tempat muadzin mengalunkan azan. Dari menara ini, kita bisa menyaksikan kompleks makam Sunan Ampel secara keseluruhan, juga suasana Kampung Arab yang ada di sekitar masjid.

Jika berziarah ke makam Sunan Ampel, jangan lupa mampir ke Pasar Ampel. Semua perlengkapan muslim tersedia di sini dengan harga relatif murah. Uniknya lagi tidak hanya barang buatan daerah sekitar Jatim yang dijual, tapi juga asli buatan Timur Tengah.

Pasar ini juga dikenal dengan Pasar Seng Ampel karena mirip dengan Pasar Seng yang ada di Mekah. Jangan lewatkan makanan khas untuk berbuka di sini, nasi kebuli juga roti maryam.

Hampir tiap hari, peziarah mengalir ke makam Sunan Ampel. Apalagi saat Ramadan seperti sekarang, terutama pada malam ganjil. Maklum Sunan Ampel adalah salah satu tokoh penyebar Islam di Jawa. Bernama kecil Raden Rahmat, Sunan Ampel adalah anak salah satu Wali Songo, Sunan Maulana Malik Ibrahim.

Anda yang tertarik ke sini jangan lupa berpakaian layak. Tak ada jam khusus, makam Sunan Ampel terbuka 24 jam untuk para peziarah.

 

1 Komentar»

  PP Bahrussalam wrote @

Sejak berdiri pp. Bahrussalam thn 2002 tiap tahunnya tgl ganjil bln ramadhan dewan guru pp.bahrussalam ziarah ke makam sunan ampel. Dan jama’ahnya selalu bertambah. Alhamdulillah.

@pp. Bahrussalam
Congratulation….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: