KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

HUT RI di Semeru

Peringatan HUT RI kemarin juga dilakukan oleh kalangan pecinta alam, Biasa nya di gunung semuru jatim ribuan pendaki ikutr larut dalam acara peringatan detik-detik kemerdekaan RI namun saying, Pengibaran bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-63 di puncak Gunung Semeru 17 Agustus lalu gagal dilakukan. Pasalnya badai ganas tengah terjadi di Puncak Mahameru.

Untuk menghindari bahaya dan jatuhnya banyak korban jiwa, tim SAR mengintruksikan agar pengibaran bendera dilakukan di Ranu Kumbolo. Pendaki hanya mengibarkan bendera merah putih dengan tongkat yang dipasang di tengah lapangan.

Rencana pengibaran bendera di Puncak Mahameru saat itu diikuti sekitar 400 pendaki. Namun pendakian ke puncak yang melelahkan itu akhirnya sia-sia.

“Sejak pukul 3 dini hari di Puncak Mahameru ada badai yang disertai pasir material pijar vukanik,” ungkap Sugiono, Ketua SAR Lumajang, Selasa (19/8/2008) di kantornya.

Sugiono yang saat itu turut serta dalam pendakian mengaku, para pendaki yang baru sampai di Puncak Jonggring Saloko cepat-cepat akan melakukan pengibaran bendera merah putih. Sehinga para pendaki mengibarakan bendera dengan ala kadarnya.

“Pendaki hanya sekitar lima menit mengibar bendera dengan tangan. Kami mengintruksikan pendaki untuk menuruni Puncak Mahameru, serta di perintahkan melakukan pengibaran bendera di kali mati,” ungkap Sugiono.

Meskipun diterpa badai, beruntung dalam pendakian kali tidak ada korban jiwa. Akibat kondisi Semeru yang terus memburuk, Tim SAR membatasi pendakian ke Puncak Mahameru hingga di Kali Mati.

 

Disadur dari : Detiksurabaya.com

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: