KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

75 Karung Remahan Uang Ditemukan

Penemuan limbah uang sebanyak 75 karung berisi remahan uang kertas di Desa Yoso Wilangon Gresik, Bank Indonesia (BI) cabang Surabaya menanggapi biasa-biasa saja.Pihak BI mengaku uang tersebut merupakan sampah atau limbah hasil dari pemusnahan dari uang kertas.

“Uang tersebut memang uang asli. Tetapi sudah dimusnahkan karena sudah lusuh atau tidak layak pakai,” ujar Pimpinan kantor BI Surabaya, Amril Arif dalam jumpa persnya kepada wartawan di ruang rapat Gedung BI lantai IV Jalan Pahlawan, Selasa (19/8/2008).

Amril mengaku bahwa pihaknya sudah didatangi pihak kepolisian yang menanyakan keberadaan limbah uang itu di tengah warga. Amril pun menjelaskan, pemusnahan dan pembuangan uang yang tak layak pakai adalah hal yang biasa.

Namun dirinya tidak habis pikir mengapa uang itu bisa berada di tengah-tengah warga. Padahal seharusnya, uang itu ada di tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo.

“Kami belum ketemu dengan yang menemukannya. Apa maksudnya mengambil uang itu,” katanya.

Amril menjelaskan, bahwa dalam sehari pihaknya bisa memusnahkan hingga Rp 15 miliar uang tidak layak pakai. Karena tidak punya tempat pemusnahan, maka uang tersebut dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Pecahan uang kertas yang dimusnahkan adalah pecahan Rp 500 hingga Rp 100 ribu. Saat ditanya apakah ada kemungkinan uang itu bisa digunakans ebagai bahan baku uang palsu, dengan tegas Amril menjelaskan bahwa limbah uang itu tidak bisa didaur ulang dan tidak ada indikasi untuk dicetak menjadi uang palsu.

“Kabarnya uang itu oleh penemunya digunakan untuk membakar batu bata, bukan untuk yang lain,” tandas Amril.

Sebelumnya, sekelompok anak-anak telah menemukan 75 karung plastik berisi remahan uang di Desa Yoso Wilangon Kecamatan Manyar Gresik, (18/8/2008) kemarin. Warga pun melaporkan penemuan itu ke Polsek Manyar.(fat/fat)

Dari : Surabaya.detik.com

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: