KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Respon Masyarakat Dalam Pilkada Jatim

Jumlah golongan putih (golput) dalam pemilihan gubernur di Jawa Timur diperkirakan cukup tinggi. Salah sayu wilayah yang tingkat partisipasi pemilih untuk memilih rendah adalah Surabaya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) jumlah partisipasi pemilih datang ke TPS pemilih se Jatim 61,49%. Hasil survei LSI, partisipasi pemilih di Surabaya sangat rendah dibandingkan dengan kota dan kabupaten di Jawa Timur. Dan hasil surveinya tingkat partisipasinya 51,55%.

Menurut anggota KPUD Jawa Timur, Didik Prasetiyono prediksi yang dilakukan oleh
sejumlah lembaga survei tentang kehadiran pemilih belum bisa dikatakan sebagai
golput. Karena menurutnya banyak hal yang mempengaruhi kenapa pemilih tidak
datang ke TPS.

“Angka itu belum bisa dikatakan sebagai angka golput. Banyak faktor kenapa pemilih tidak bisa datang ke menyoblos kemarin,” katanya kepada detiksurabaya.com, Kamis (24/7/2008).

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih tidak datang kata Didik antaralain, pemilih itu mendapat kartu pemilih tapi secara fisik tidak berada di Surabaya atau di Jawa Timur misalnya TKW dan TKI, pekerja atau pembantu yang ada di Jakarta ataupun kota lainnya.

Adanya pemilih yang tidak terdaftar. Serta masyarakat atau pihak yang benar-benar sadar akan sikap politiknya dan masyarakat yang tahu tapi tidak mau peduli.

“Faktor terakhir tersebut paling banyak di Surabaya. Angka yang benar-benar golput itu sendiri sebenarnya kecil sekali,” ujarnya.

Ke depan kata Ketua Pokja Logistik KPU ini mengatakan akan membuat kinerja KPU semakin berat. Jika putaran kedua terjadi maka mereka akan berusaha keras lagi untuk menyakinkan pemilih datang ke TPS memberikan hak suaranya.

Secara jujur ujarnya, KPU khawatir dengan jumlah pemilih dalam pilgub kemarin. “KPU khawatir, pilgub aja jumlahnya seperti hasil survei itu, lantas bagaimana nanti putaran kedua. Tapi kami akan berupaya sekuat tenaga,” tandasnya.

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: