KEEP ON GREEN

“Kesederhanaan Adalah Sesuatu Yang Menarik”

Naskah Pengelolaan Udara Bersih

Kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat memberikan pengaruh signifikan terhadap keberadaan kualitas udara (ambien). Hal ini akan sangat ironis apabila kegiatan pembangunan pada akhirnya akan merusak kualitas lingkungan, udara pada khususnya, yang berujung pada kematian apabila kadarnya di udara tidak sehat atau berbahaya untuk jangka waktu yang panjang.

Atas dasar landasan yuridis ketentuan pasal 28H ayat (1) UUD 1945 dan ratifikasi konvensi kerangka kerja Perserikatan Bangsa Bangsa mengenai perubahan iklim, ratifikasi Protokol Kyoto tentang Perubahan Iklim, Konvensi Vienna, Protokol Montreal, dan Amandemen Beijing diperlukan suatu pengaturan yuridis yang terintegrasi terhadap semua isu yang berkaitan dengan pentingnya pengelolaan udara bersih. Hal ini disebabkan karena peraturan perundang-undangan di bidang pengendalian pencemaran di Indonesia udara masih bersifat sektoral, parsial, dan tidak komprehensif.

Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Udara Bersih yang bersifat komprehensif, simultan dan terintegrasi dalam rangka mewujudkan Pengelolaan Udara Bersih di Indonesia tengah dirumuskan untuk menjawab permasalahan tersebut diatas. Keberadaan Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Udara Bersih bertumpu pada pendekatan hulu hilir; dirancang dengan tidak akan menimbulkan konflik, kontradiksi, inkonsistensi, inkompatible, tumpang tindih serta mengisi kevakuman hukum. Pengelolaan Udara Bersih dapat dirumuskan sebagai upaya terpadu melindungi udara bersih yang diperlukan bagi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta kehidupan makhluk lainnya melalui penetapan kebijakan penataan, pemeliharaan, dan penaatan.

Kedudukan Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Udara Bersih bersifat lex specialis terhadap Undang Undang No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup yang secara konsep hukum lingkungan bersifat lex generalis sebagai General Environmental Law .

Untuk mendukung terealisasinya keintegrasian tersebut maka saat ini tengah disusun Naskah Akademis Pengelolaan Udara Bersih sebagai langkah penunjang terciptanya Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Udara Bersih. Adapun Naskah Akademis tersebut pada dasarnya mengatur tentang hal-hal yang secara empirik, konseptual, yuridis filosofis, dan substansial memuat pengaturan pengelolaan udara bersih dari hulu sampai hilir. Konsepsi-konsepsi dan paradigma baru dalam kajian teknis Pengelolaan Udara Bersih disusun melalui kajian teknis multi disipliner yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Pada saat ini naskah akademis Pengelolaan Udara Bersih tengah pada tahap penyempurnaan pada substansi teknisnya, sedangkan sebagai langkah lanjut tengah disusun perumusan pasal-pasal RUU Pengelolaan Udara Bersih yang pada dasarnya secara tegas memuat pengaturan hak dan kewajiban warga negara Republik Indonesia atas udara bersih, wewenang pengelolaan udara bersih, kelembagaan pengelolaan udara bersih, perizinan, pembiayaan dan kompensasi, pengawasan, sanski administrasi, penyelesaian sengketa lingkungan, penyidikan, penuntutan, pemeriksaan di sidang pengadilan, dan pembuktian. Undang-Undang Pengelolaan Udara Bersih diharapkan akan dapat menjadi guidelines yuridis bagi tantangan udara bersih di Indonesia.

Dari : Naskah Akademis

3 Komentar»

  WhonEnginge wrote @

Source about nigerian email letters and discovering around, demonstration of not truth.

  embemnkef wrote @

I enjoyed reading your blog. Keep it that way.

  daniel wrote @

bagus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: